Minggu, 10 April 2011

MANFAAT TOMAT

       Bagaimana kabar para pembaca hari ini? Apakah anda sudah membaca artikel saya sebelumnya mengenai manfaat teh hijau dan artikel-artikel yang lain? Jika belum, saya sarankan anda untuk membaca karena ada banyak informasi-informasi yang mungkin bisa memberikan manfaat atau menambah pengetahuan para pembaca mengenai kesehatan, terutama bahan-bahan yang kita bisa temui sehari-hari yang ternyata menyimpan manfaat yang besar bagi tubuh dan kesehatan.

            Salah satu bahan yang bisa kita temui sehari-hari dan menyimpan manfaat yang besar adalah buah tomat. Mungkin, banyak diantara para oembaca yang tidak suka makan atau minum tomat dan jus tomat. Tapi tahukah anda bahwa dibalik rasa yang tidak begitu enak bagi kebanyakan orang ini ternyata menyimpan banyak manfaat.

     
Kandungan di dalam tomat yang paling bermanfaat adalah lycopene. Lycopene adalah salah satu jenis antioksidan vital alami. Antioksidan ini merupakan bagian dari keluraga pigmen yang disebut dengan karoten.

Lycopene berfungsi melawan pembentukan sel-sel kanker serta berbagai jenis komplikasi permasalahan kesehatan lainnya. Lycopene bisa melawan radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh. Lycopene tidak diproduksi secara alami di dalam tubuh. Jadi, tubuh kita memerlukan sumber makanan dari luar.

Antioksidan ini bisa ditemukan pada jenis buah berwarna pink lainnya, semangka serta beberapa makanan lain. Tetapi, kandungan lycopene pada makanan ini hanya sedikit dibandingkan dengan jumlah yang terdapat pada tomat.  Studi-studi telah membuktikan kalau tomat tidak hanya efektif mencegah kanker tetapi juga mencegah penyakit jantung dan kolesterol tinggi. Kanker-kanker seperti kanker prostat, kanker rektal, kanker perut, mulut, kerongkongan telah terbukti bisa dicegah dengan mengkonsumsi lycopene dalam jumlah banyak

Para peneliti memasukkan lycopene ke dalam kultur sel-sel kanker. Lycopene terbukti bisa mencegah pertumbuhan kultur sel-sel kanker ini. Hal ini merupakan bukti kuat yang menunjukkan manfaat tomat bagi kesehatan.

            Makan tomat juga memberikan manfaat berupa perbaikan tekstur dan warna kulit, memurnikan darah, melindungi hati, antiseptik alami, menurunkan kolesterol karena dalam tomat terdapat kandungan asam nikotin, dan masih banyak manfaat lainnya.

            Setelah anda membaca manfaat-manfaat tomat diatas, bagaimana respon anda? Apakah anda akan tetap menjauhi tomat, atau apakah anda akan mulai jatuh cinta dengan tomat?

            Marilah kita memulai hidup sehat dari sekarang. Memang, hidup sehat itu membutuhakan pengorbanan. Tapi, jika kita memiliki komitmen pasti semuanya akan terasa menyenangkan. No pain no gain, saya bisa anda juga.
            

            Salam sehat,
            Noriko Rawis

Referensi
arginineornithine.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar