Minggu, 20 Februari 2011

Sibuk bukan menjadi alasan untuk hidup sehat dengan makanan yang sehat


Syallom,
            Gimana kabar anda sekarang? Sudah membaca artikel dari saya sebelumnya mengenai bagaimana mendapatkan tidur yang sehat dan nyenyak? Kalau belum, baca ya..? Kalau sudah, gimana hasilnya? Sudah dipraktekkan atau belum? Semoga artikel saya bisa bermanfaat bagi teman-teman sekalian dan para pembaca Blog HMJ Pendidikan Biologi TC-UPH.
            Sekarang, saya akan membagikan artikel yang berisi bagaimana mengatur strategi untuk mendapatkan makanan yang sehat, untuk orang yang memiliki kesibukan dan mobilitas tinggi.
            Mahasiswa TC adalah mahasiswa yang bisa dikatakan “super sibuk”. Mulai dari kuliah, tugas, ujian, SOW, pelayanan, dan sebagainya, sehingga seringkali kita tidak memiliki waktu untuk beristirahat, apalagi untuk sarapan, makan siang, ataupun makan malam, dan parahnya yang menjadi pengganti adalah makanan-makanan sejenis fast food, junk food, indomie, dan makanan lainnya yang notabene adalah makanan yang tidak sehat.
            Untuk itu, saya akan membagikan beberapa tips untuk tetap mendapatkan makanan yang sehat dan pola hidup yang sehat (tentu saja diluar kewajiban untuk makan 3x sehari) walaupun kita memiliki tingkat kesibukan yang tinggi. Saya harap tips-tips ini bisa bermanfaat bagi kita semua.
            1. Siapkan hanya makanan-makanan sehat di lemari atau lemari es. Ganti semua persediaan makanan teman-teman dengan buah-buahan atau keju, yoghurt, sehingga pada saat membutuhkan makanan yang cepat, kita memiliki makanan sehat yang bisa langsung dimakan.
                    







2. Lengkapi isi tas kuliah anda dengan “snack” yang sehat. “snack” sehat bisa berupa yoghurt, roti gandum, dan keju. Makan snack itu di antara waktu makan untuk mencegah lapar.
3.  Sediakanlah susu yang tinggi protein dan memiliki kandungan karbohidrat dan lemak yang sesuai dengan kebutuhan anda. Jika anda tidak memiliki akses ke makanan berat selama beberapa jam, anda bisa meminumnya.
 
4. Hindari gorengan, dan gantikan dengan snack sehat yang ada di tas kuliah anda.
5. Usahakan untuk selalu minum air putih sesaat setelah bangun tidur di pagi hari. Memang jika tak terbiasa  minum air putih saat bangun tidur, perut akan terasa mual. Namun jika dilatih tiap hari, akan terbiasa dengan sendirinya. Mulailah dengan satu gelas kecil  dulu. Semakin lama ditingkatkan volumenya. Selain membawa zat yang berguna untuk pencernaan, air juga membersihkan tubuh kita dari racun sisa-sisa proses pencernaan.
6.  Selalu bawa botol minum anda. Setelah melakukan hal ke-5 diatas, jangan lupa untuk minum air putih minimal 8 gelas sehari. Karena tentu saja kita semua sudah tahu apa manfaat dari air putih. 
 
7. Terakhir, selalu berusaha untuk menyediakan waktu sekitar 15-30 menit di sela-sela kesibukan kuliah, SOW, mengerjakan tugas, atau apapun aktivitas anda untuk sarapan pagi, makan siang, dan makan malam. Apalagi, mungkin sebagian besar yang membaca artikel ini mendapatkan makanan yang gratis kan?
      Itulah beberapa tips yang bisa saya bagikan kepada anda sekalian, untuk tetap memiliki gaya hidup yang sehat dengan tetap mendapatkan makanan yang sehat walaupun memiliki tingkat kesibukan yang tinggi. Karena tubuh kita adalah bait Allah, kita harus selalu menjaga kondisi tubuh kita, sehingga semua aktivitas yang kita lakukan sehari-hari, bisa terlaksana dengan maksimal dan semuanya hanya untuk memuliakan nama Tuhan. Saya bisa anda juga.

Salam sehat,
Noriko E.A. Rawis

dan pengalaman saya sendiri

Tidak ada komentar:

Posting Komentar