Selasa, 01 Maret 2011

10 Tempat dan Benda yang Berbahaya dan Sering Kita Jumpai

Syallom,
                Bagaimana kabar semua pembaca blog HMJ Biologi UPH-TC? Bagaimana dengan artikel terakhir dari saya mengenai makanan yang sehat waktu sibuk? Semoga artikel tersebut bisa berguna bagi pembaca sekalian.
                Dua artikel terakhir dari saya memberikan informasi bagaimana mendapatkan gaya hidup yang sehat dari pola tidur dan pola makan. Sekarang, saya akan mencoba memberikan informasi kepada para pembaca, mengenai bagaimana mengantisipasi kesehatan tubuh kita dari tempat-tempat dan benda-benda yang sering kita jumpai, yang sebenarnya mengandung banyak sekali bakteri dan lainnya, yang bisa menyebabkan penyakit.
                Saya akan membagikan kepada para pembaca 10 tempat dan benda yang berbahaya tersebut. yaitu:




 
                1. Talenan kayu. Pasti sebagian besar dari pembaca blog ini adalah mahasiswa UPH-TC yang notabene sering menggunakan benda ini. Menurut John Oxford, peneliti dari Universitas London, talenan kayu dapat menyimpan ribuan bakteri penyebab penyakit. Sisa potongan makanan yang mengendap dapat membuat koloni bakteri baru dan mengendap di kayu. Bakteri tersebut akan menempel di setiap bahan makanan yang kita potong. Jadi, masih tetap menggunakan telenan kayu?
            2. Talenan plastik. Setelah membaca yang pertama, pasti kita akan berpikir untuk menggunakan yang plastik saja. Tapi, tidak semua talenan terbuat dari plastik yang aman. Bahan plastik bisa berbahaya jika tidak sengaja terkonsumsi. Jadi, pilihlah bahan telenan plastik yang bagus!

            3. Sikat gigi. Peneliti dari Universitas Manchester mengungkap bahwa sebanyak 10 juta bakteri bisa berkumpul di sikat gigi. Bagi para pembaca yang sudah belajar mikrobiologi, pasti sudah tidak asing dengan hal yang satu ini. Selain itu, virus penyakit dan jamur bisa berkembang biak di sana. Jadi, alangkah baiknya jika para pembaca mengganti sikat gigi 2-3 bulan sekali.
 
            4. Handuk. Untuk yang satu ini, kurang lebih sama dengan sikat gigi. Untuk menghilangkan bakteri yang berkumpul di handuk, perlu pemanasan hingga 90 derajat celcius. Di asrama TC bisa tidak ya? Pikirkan sendiri
 
             5. Bantal. Bakteri yang berkumpul pada bantal bisa menyebabkan gangguan pernapasan, gatal-gatal dan demam. Professor Jean Amberline, dari British Society for Allergy menyarankan untuk mengganti sarung bantal secara teratur, serta mengganti bantal setiap 2 tahun sekali. Saran dari saya, gantilah sarung bantal anda setiap 3-4 hari, dan usahakan untuk mencuci dan menjemur bantal anda
 
              6. Mesin ATM. Peneliti dari BioCote (perusahaan antibacterial) menemukan bahwa mesin ATM mengandung banyak bakteri yang menyebabkan diare dan pennyakit lainnya. Lebih parahnya lagi, ATM membawa lebih banyak bakteri daripada toilet. Wow>>>

               7. Touch Screen. Hati-hati buat para pembaca yang memiliki HP touch screen, iPhone, iPad, iPad, dan barang touch screen lainnya. Barang-barang ini diselubungi oleh banyak sekali kontaminan berdasarkan penelitian dari seorang ilmuan bernama Dr. Gerba. Solusi kecilnya, bersihkan layar sentuh anda dengan pembersih yang baik dan benar, usahakan sampai semua “jejak jari” hilang.
            8. Telepon Seluler. Setelah kita tidak menggunakan touchsreen, jangan berpikir kalau kita aman. Karena, berdasarkan penelitian dari Dr. Herba, dia menemukan ada bakteri staphylococcus di HP, yang bisa menyebabkan penyakit.
            9. Remote Control. Bagi anda yang hobi menonton TV, hati-hatilah dengan remote control ini. Prinsipnya sama dengan telepon seluler, tapi yang membedakannya adalah remote control bisa dipegang oleh banyak orang selain anda sendiri
 
10. Shopping Cart. Ada yang suka belanja menggunakan ini? Benda ini mengandung banyak saliva, bakteri, dan sebagainya. Coba bayangkan berpa banyak orang yang menggunakan satu buah shopping cart di supermarket setiap harinya, dan ini dilakukan bergantian tanpa dicuci dahulu?wow…

            Anda tidak perlu takut atau menjadi paranoid karena fakta-fakta tersebut. Karena fakta ini bukan mengarahkan untuk membuat anda tidak boleh menggunakan barang-barang diatas, tapi untuk mengingatkan anda agar selalu memiliki gaya atau pola hidup yang sehat, dan contoh paling kecilnya adalah, sering-seringlah mencuci tangan anda. 

            Saya bisa anda juga

Salam sehat
Noriko E. A. R.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar