Sabtu, 12 Februari 2011

Strategi Kecil Untuk Tidur Yang Sehat Dan Nyenyak


Syallom,
                Secanggih apapun mesin yang kita gunakan, pasti memerlukan waktu untuk istirahat atau tidak digunakan dalam waktu full time 24 jam non – stop. Katakanlah sebuah computer yang memiliki prosesor yang canggih seperti “windows i7” yang merupakan teknologi terbaru dari Windows, tetap saja membutuhkan waktu untuk istirahat dan sudah menjadi panduan dalam buku manual-nya untuk tidak memakai computer dalam waktu 24 jam non-stop.
                Begitu juga dengan tubuh kita. Setelah kita kuliah, mengerjakan tugas kuliah, dan SOW seharian, tentu saja tubuh kita membutuhkan waktu istirahat di malam hari. Tetapi, tidak sedikit dari kita yang tidak tidur pada waktu yang seharusnya, begadang sampai pagi, dan sebagainya.
                Memang kita bisa beralibi bahwa kita begadang karena tugas yang menumpuk atau belum selesai. Karena itu, saya tidak akan membahas mengenai “begadang” dalam artikel ini karena itu semua kembali kepada bagaimana manajemen waktu kita. Selanjutnya, masalah mengapa kita harus tidur malam pada waktu yang benar juga sudah kita ketahui bersama, yaitu malam  hari adalah waktu pertumbuhan terbaik untuk sel baru, waktu pembuangan atau ekskresi zat-zat sisa dan toksin, dan sebagainya.
                Yang menjadi pertanyaan adalah, bagaimana dengan yang mengalami susah tidur atau gejala insomnia dan bahkan insomnia?
                Saya memiliki beberapa strategi kecil yang mungkin bisa membantu para pembaca blog HMJ Biologi Teachers College UPH untuk mendapatkan tidur yang sehat dan nyenyak dimalam hari, tanpa mengeluarkan uang atau dana yang banyak. Strategi-strategi ini merupakan hasil dari pengalaman-pengalaman saya mencari cara yang tepat untuk bisa tidur, dan juga dari referensi internet.
               
1. Berolahraga
                Berdasarkan pengalaman saya, olahraga bisa memicu kita untuk tidur lebih cepat di malam hari. Hal ini disebabkan oleh tubuh yang mengalami kelelahan sehingga memaksa kita untuk beristirahat lebih cepat. Olahraga yang baik bisa dilakukan pada pagi hari atau sore hari, dan disarankan untuk tidak berolahraga diatas pukul 06.00 sore. Olahraga bisa dilakukan dengan cara gym, olahraga ringan di kamar atau di rumah seperti push up, sit up, bermain sepak bola dan permainan lainnya, atau bisa juga hanya dengan jogging kecil-kecilan selama 30 menit. Selain membuat kita cepat tidur di malam hari, olahraga juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

 
2. Makan pisang secukupnya
Ini mungkin terlihat lucu, tapi pisang adalah sumber magnesium dan potasium yang sempurna yang membantu merelakskan otot. Pisang juga mengandung tritopan yang dalam tubuh berubah menjadi serotonin dan melatonin, dua kunci hormon yang menenangkan di otak. Jika otak tenang, pasti tidur akan lebih gampang. Makanan lain yang bisa juga mengantar tidur diantaranya adalah oat meal, telur, buah ceri, dan kacang almond. 

3. Minum segelas susu coklat panas
Susu memiliki kangdungan yang sama dengan pisang yaitu tritopan yang bisa membuatorang lebih mudah mengantuk. Susu juga mengandung kalsium yang bisa mengurangi stres dan menstabilkan serat saraf di otak. Mengapa harus coklat, karena coklat selain menimbulkan sensasi rasa yang nyaman, coklat juga dipercaya bisa membuat kita cepat mengantuk. Selain susu coklat panas, teh juga dapat mengantar kita tidur karena teh mengandung tanin yang baik untuk mengundang kantuk.

 
4. Jangan melakukan aktivitas yang menguras otak sebelum tidur. Tentu saja apabila kita terus melakukan aktivitas yang menguras otak, lama-kelamaan kita akan merasa lelah. Tapi, melakukannya sesaat sebelum tidur merupakan cara yang salah karena otak akan terus dirangsang dan dipaksa untuk bekerja, sehingga otak tidak tenang dan membuat kita merasa tetap semangat (excited) di malam hari. Biarkan otak kita rileks, tenang, dan nyaman misalnya dengan mendengarkan music yang lembut, atau menulis buku harian singkat, dan tentu saja berkomunikasi dengan Tuhan dengan  cara berdoa atau saat teduh.

                5. Bersihkan kamar dan ranjang anda. Tentu saja kita tidak mau tidur ditempat yang berantakan bukan? Membersihkan kamar dan ranjang bisa menimbulkan efek nyaman, lega, dan bahagia berada di kamar atau di ranjang. Hal ini akan membuat otak kita tidak stress, dan membuat otak kita tenang sehingga kita akan lebih muda tidur.
                Ke-5 strategi diatas sudah saya lakukan dan puji Tuhan saya bisa mendapatkan tidur yang nyenyak dan sehat pada malam hari, dan bangun dengan kondisi tubuh yang sehat bugar yang tentu saja hanya oleh karena anugerah dari Tuhan.
                Sesudah anda melakukan ke-5 hal kecil diatas, anda tinggal naik ke ranjang anda, tetap mendengarkan music yang lembut, matikan semua lampu, dan selamat tidur dan selamat menyambut pagi yang cerah pada esok harinya.  
 
Saya yakin, anda akan merasakan efek yang berbeda setelah melakukan ke-5 strategi kecil diatas untuk mendapatkan tidur yang sehat dan nyenyak. Saya bisa anda juga.

Salam sehat,
Noriko E. A. Rawis

Referensi:
www. forum.detik.com

1 komentar:

  1. kreatif sekali, sangat cocok dengan kondisi anak biologi yang sering begadang..
    Thanks ya buat infona...
    GBU

    BalasHapus