Selasa, 19 April 2011

LEBAH bagian 2

Oke teman-teman, kemaren kan kita sudah membahas cukup banyak tentang lebah...
coba saya tes, masih inget gak yah?? Lebah madu termasuk dalam phylum apa?? apa hayoo...?? Kalo gak tau coba tanya sama guru/dosen biologinya yah..wkwkwk
Oke, tanpa basa basi lagi, langsung saja kita lihat keunikan lebah!!

FAKTA UNIK DAN MENARIK TENTANG LEBAH
1.    Lebah madu telah bertahan hidup sekitar 30 juta tahun.
2.    Ini adalah satu-satunya serangga yang memproduksi makanan yang dimakan oleh manusia.
3.    Lebah madu merupakan serangga ramah lingkungan, perannya sangat penting sebagai pembantu penyerbukan bunga.
4.    Mereka adalah serangga dengan nama ilmiah – Apis Melifera.
5.    Mereka memiliki 6 kaki, 2 mata, dan 2 sayap, sebuah kantong nektar, dan perut.
6.    Lebah madu mengepakkan sayap (lebih dari) 11.400 kali per menit, sehingga membuat mereka terdengar suara seperti zzz zzzz. (wah cepet banget yah!:o)
7.    Lebah madu dapat terbang hingga enam mil, dengan kecepatan 15 mil per jam. Lebah madu harus terbang sekitar 90.000 mil (tiga kali mengelilingi dunia) untuk membuat satu setengah kilo madu. (wuih,....hebat amat yah...)

8.    Rata-rata lebah madu akan benar-benar membuat hanya satu dari kedua belas sendok teh madu dalam hayatnya.
9.    Akan memakan waktu sekitar 556 pekerja untuk mengumpulkan 1 setengah kilo madu dari sekitar 2 juta bunga. (Honey, engkau begitu berharga >.<)
10.  Hanya butuh satu rasa madu untuk bahan bakar jalan bagi si lebah pekerja dalam mencari madu -yang hampir mengelilingi dunia-
11.  Lebah madu hinggap 50 sampai 100 koleksi bunga selama perjalanan mencari madu.
12.  Satu koloni lebah terdiri dari satu 20000-60000 lebah pekerja dan satu ratu lebah madu.
13.  Lebah madu pekerja adalah betina, tinggal 6 sampai 8 minggu dalam melakukan semua pekerjaannya.
14.  Ratu lebah madu hidup sekitar 2-3 tahun dan kerjanya hanya bertelur. PAling sibuk dimusim panas, dan dapat bertelur hingga 2500 telur per hari.
15.  Pejantan lebah madu yang disebut drones, dan mereka tidak bekerja sama sekali, karena tidak memiliki alat, yang mereka lakukan hanya perkawinan.
16.  Setiap koloni lebah madu mempunyai bau yang unik untuk mengidentifikasi masing-masing anggotanya.
17.  Lebah madu pekerja hanya akan menyengat jika meraka merasa terancam, dan mereka akan mati bersamaan dengan menyengat. Ratu lebah madu juga mempunyai penyegat, tapi tidak meninggalkan sarang lebah, karena untuk menjaga bertahan.
18.  Diperkirakan 1100 sengatan lebah madu dapat mengakibatkan kematian.
19.  Lebah madu berkomunikasi satu dengan yang lainnya dengan “menari”.
20.  Selama musim dingin, lebah madu memakan madu yang mereka kumpulkan sendiri pada musim panas. Pada musim dingin juga mereka membentuk kelompok ketat dalam sarang lebah untuk menjaga ratu sendiri dan hangat.
           
            Keunikan lebh gak cukup sampai disitu teman-teman...Ternyata banyak manfaat dan pelajaran yang bisa kita ambil dari lebah... Berikut pelajaran yang bisa kita ambil dari lebah

MANFAAT DAN PELAJARAN BERHARGA DARI LEBAH
Lebih dari 20 ribuan jenis lebah yang ada di dunia ini, dan angka tersebut melebihi jumlah suku manusia yang ada di belahan bumi ini. Secara garis besar lebah terbagi dalam tiga kelompok yakni lebah pekerja, lebah jantan dan lebah ratu dimana lebah memiliki 5 mata, 3 kaki, 2 sayap serta antena. Berikut simak empat unsur kehebatan yang dimiliki oleh lebah dibawah ini:

Arsitek Alami
Sarang lebah dibentuk membentuk heksagonal-heksagonal dan bukan berbentuk segitiga atau silinder. Menurut penelitian para ahli bentuk heksagonal ini merupakan arsitektur yang paling efisien sebab tidak ada ruangan yang kosong daripada berbentuk segitiga atau silinder. Disamping itu sarang lebah dibuat dengan kemiringan tiga belas derajat yang bertujuan agar madu tidak tumpah dalam kondisi apapun.


Pekerja yang Rajin
Dalam hal ini lebah terbagi dua yakni lebah madu dan lebah sendirian. Lebah Madu hidup dalam sebuah kerajaaan atau koloni yang berjumlah sampai jutaan ekor serta memproduksi puluhan liter madu pada saat lebah kecil keluar dari larvanya lebah itu langsung terbang dan bisa bekerja seperti lebah dewasa. Lebah bekerja untuk membuat sarang dan mencari sari bunga selama 24 jam sehari meski demikian lebah tidak pernah kelelahan dan mengantuk. Yang uniknya sejauh apapun lebah terbang mencari sari bunga ia tak akan pernah kesasar atau lupa jalan pulang. Lebah sangat patuh dengan tugasnya, meski tak ada petugas yang mengawasinya.

Obat Mujarab
Lebah sepanjang hidupnya selalu memakan sari bunga yang diolah menjadi madu yang sangat lezat dan bergizi. Menurut penelitian tingkat kemanisan madu lebah sejak jutaan tahun yang lalu hingga kini selalu dalam standar yang sama dan konstan (ga pernah kelebihan maupun kekurangan), padahal para lebah dar seluruh dunia tak pernah mengadakan pertemuan ataupun seminar untuk membuat kesepakatan dalam memproduksi mutu suatu madu.




Industri
Madu yang dihasilkan oleh lebah menjadi salah satu industri dunia dalam skala besar yang mampu menyerap tenaga kerja jutaan orang di seluruh dunia dimulai dari peternak lebah, pengolahan, pengemasan sampai pada pedagang-pedagang disegala penjuru dunia.

Nah, luar biasakan manfaat dan pelajaran yang diberikan lebah untuk manusia! Sekarang, coba pikir lagi, kira-kira masih ada lagi gak yah pelajaran atau manfaat yang bisa kita ambil dari lebah? (kalo kalian bisa menemukan manfaat dan pelajaran lainnya dari lebah, kalian bisa tulis comment dibagian bawah blog ini)
Untuk artikel minggu depan, kita masih akan membahas keunikan lebah...kira2 apa lagi yah yang menarik dari lebah?? Penasaran?? tunggu artikel berikutnya ya! Selamat menunggu! Gbu. :D

Sumber:


Tidak ada komentar:

Posting Komentar